Jumat, 21 Maret 2014

DALAM PROSES BERKARYA



IKAN KOI
OIL ON KANVAS
70x70 CM

Pada halnya yang sering terjadi di ruang lingkup perkuliahan, saat libur semester mungkin kita pulang kampung ataupun kerumah keluarga yang dekat. Namun disisi lain, saat pulang kampung saya isi dengan berkarya untuk mengisi hari kosong saya.
            Karya ikan koi ini terinpirasi dari karya-karya ikan koi lainnya, namun saat itu juga karya ini bertujuan untuk mengisi tempat kosong di ruang tamu rumah saya.
Pada proses awalnya tentu membingungkan untuk menentukan karya apa yang akan di buat sesuai ataupun cocok dengan kanvas yang ada. Dan pada akhirnya saya menentukan mencoba membuat karya yang realis yang cocok untuk kanvas 70x70 cm ini untuk membuat ikan koi.
            Poses awal atau sketnya saya kerjakan di pagi hari kemudian saya memilih menggunakan cat minyak untuk  pewarnanya lukisan saya, selain cat minyak menimbulkan kesan kilat, saya juga ingin belaja supaya lebih peka dalam mencmpuri warna.

            Pada proses berkaryanya, hal yang utama adalah bagaimana mencermati bentuk yang akan digambar, dan mencampur warna untuk mendapatkan warna yang sesuai keinginan. Namun seperti halnya juga, satu lukisan dengan menggunakan cat minya tidak mngkin cepat selesai dalam satu hari. Apalagi saat dirumah waktu juga di gunakan untuk kumpul bersama keluarga dan kerabat lainnya. namun yang terprnting saat berkarya adalah tidak cepat merasa bosan saat mengerjakannya, apalagi saat sudah sampai setengah jadi, biasa itu sering terjadi saat berkarya. Oleh karna itu, saat berkarya apabila merasa sudah jenuh dengan mencampur warna, membuat bentuk, ataupun lainnya mungkin saya istrahat ataupun refresing supaya karya tidak rusak dan tetap bisa di lanjutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar