Gambar 1
Gambar : Oleh Rido Amriadi
a.
Nama : Muhammad Rafael
Umur
: 4 tahun
Sekolah:
TK Al_Badriyah Rarang
Pada
gambar anak ini, ia mencoba mengambarkan
bentuk seperti gambar rumah, manusia, dan bintang. Di lihat dari karyanya dan
umur anak ini, sangat sesui karna masih berada di masa corengan/ masa mencoreng
yakni berkisar dari umur 1-4 tahun.
Obyek
yang di buat, diwakili oleh garis-garis dan lingkaran untuk menegaskan obyek
yang di buat. Obyek yang di buat, kita bisa ketahui saat menanya sang anak di
saat membuat gambar/ saat menggambar.
Kelebihan
yang terdapat pada karya ini menurut saya (1) pada gambar ini, dapat di lihat
gambarnya belum terpengaruh dari gambar anak dewasa, seperti pada umumnya anak
dewasa sering menggambar pemandangan, gunung kembar, rumah yang perpola,
dsb.(2)anak ini kreatif atau bebas tanpa tekanan, karna dimana pada gambarnya
full obyek dalam satu kertas, ini berarti ia tidak mementingkan komposisi
seperti orang dewasa gambarkan(3) pewarnaan pada gambar yang di buat mewakili
warna yang di sukai, seperti halnnya hanya mencoreng saja dan menggambar sesui
yang dia mau.
Gambar
2
Gambar : Oleh Rido Amriadi
a.
Nama : Umi Nabila Aisah
Umur
: 9 tahun
Sekolah
: SDN 5 Rarang
Pada gambar ini, Nabila Aisah
menggambar beberapa obyek gambar seperti, pegunungan, pohon, bunga, laut, dan
rumput yang berulang. Gambar seperti ini mungkin banyak kita temukan di
lingkungan kita, entah dari mana asal mulanya sehingga anak-anak sering
menggambar gunung kembar, dan sebagainya. Dalam gambar ini mungkin bisa di
tangkap setidaknya ada pengaruh dari orang dewasa yang mungkin biasa menggambar
seperti ini, atau mungkin di ajarkan dari pendidiknya.
Pada tahap atau masa Nabila Aisah,
berada pada tahapan Masa Realisme Cerapan yang berkisar dari usia 9-10
tahun, di masa ini anak bisa mengatur warna sesuai yang dia lihat,
seperti pemikirannya yang gunung itu hijau (subur, banyak pohon), tanah yang
coklat, batu-batu yang berwarna hitan, , rumput hijau, laut yang biru, dan
matahari yang orange. Pewarnaan obyek
Ini bias dipengaruhi dimana tempat anak tinggal.
Gambar
3
Gambar : Oleh Rido Amriadi
a.
Nama :
Dandi Azmi
Umur
: 16 Tahun
Sekolah
: SMAN 1 Kopang
Pada
tahap ini, anak sudah melewati masa realisme atau menggambar obyek sesuai yang
dilihatnya yang berkisar dari usia 9- 12 tahun. Pada gambar ini anak membuat
obyek sepeda motor, manusia, dan ungkapan kata dari orang pada gambar. Di
gambar ini, yang ingin disampaikan anak adalah bahwa ia memiliki sepeda motor
pespa yang baru dan ia sangan senang sekali,”ungkap dandi azmi saat ditanya
yang di gambar”.
Di gambar ini, saya menganalisa anak
bersentuhan dengan emosi atau perasaan saat berkarya( menggambar). Ini jelas
sekali karna gambar berkaitan denga yang pernah di alaminya.
Dalam
segi ke kreatif-an, anak ini bias di bilang cukup kreatip karna menggambar
tanpa melihat obyek melainkan menuangkan peraasaan yang dirasakan.
Gambar
4
Gambar : Oleh Rido Amriadi
a.
Nama : Dina Nirmala
Umur
: 12 tahun
Sekolah : SDN 5 Rarang
Pada gambar berikutnya ini, ada
beberapa obyek yang di gambarkan seperti kupu-kupu, lebah, dan bunga. Pada
proses menggambar kelebihannya adalah, Nirmala sudah bias mengontrol atau
mewarnai dengan baik. Ini mungkin berkaitan dengan masa sang anak yang berada
pada tahap/masa realisme. Adapun kekurangan adalah anak menyontek/ melihat
gambar lain untuk di gambar kembali. Dalam segi ini mungkin bias dikatakan
kurang kreatif atau tidak berimajinasi sendiri. Walaupun pada proses menggambar
anak melihat sekilas namun setidaknya ide di lihat dari gambar tsbt.
Sumber : Mata Kulyah Perkembangan Peserta Didik ( Drs. Jajang Suryana)
Analisis karya oleh Rido Amriadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar