Minggu, 18 Oktober 2015

MENGANALISIS KARYA ANAK-ANAK

 Menganalisis karya anak-anak

Gambar 1
Gambar : Oleh Rido Amriadi

a.       Nama : Muhammad Rafael
Umur : 4 tahun
Sekolah: TK Al_Badriyah Rarang
Pada gambar anak  ini, ia mencoba mengambarkan bentuk seperti gambar rumah, manusia, dan bintang. Di lihat dari karyanya dan umur anak ini, sangat sesui karna masih berada di masa corengan/ masa mencoreng yakni berkisar dari umur 1-4 tahun. 
Obyek yang di buat, diwakili oleh garis-garis dan lingkaran untuk menegaskan obyek yang di buat. Obyek yang di buat, kita bisa ketahui saat menanya sang anak di saat membuat gambar/ saat menggambar.
Kelebihan yang terdapat pada karya ini menurut saya (1) pada gambar ini, dapat di lihat gambarnya belum terpengaruh dari gambar anak dewasa, seperti pada umumnya anak dewasa sering menggambar pemandangan, gunung kembar, rumah yang perpola, dsb.(2)anak ini kreatif atau bebas tanpa tekanan, karna dimana pada gambarnya full obyek dalam satu kertas, ini berarti ia tidak mementingkan komposisi seperti orang dewasa gambarkan(3) pewarnaan pada gambar yang di buat mewakili warna yang di sukai, seperti halnnya hanya mencoreng saja dan menggambar sesui yang dia mau.


Gambar 2
Gambar : Oleh Rido Amriadi

a.       Nama : Umi Nabila Aisah
Umur : 9 tahun
Sekolah : SDN 5 Rarang

            Pada gambar ini, Nabila Aisah menggambar beberapa obyek gambar seperti, pegunungan, pohon, bunga, laut, dan rumput yang berulang. Gambar seperti ini mungkin banyak kita temukan di lingkungan kita, entah dari mana asal mulanya sehingga anak-anak sering menggambar gunung kembar, dan sebagainya. Dalam gambar ini mungkin bisa di tangkap setidaknya ada pengaruh dari orang dewasa yang mungkin biasa menggambar seperti ini, atau mungkin di ajarkan dari pendidiknya.
            Pada tahap atau masa Nabila Aisah, berada pada tahapan Masa Realisme Cerapan yang berkisar dari usia 9-10 tahun,  di masa ini anak  bisa mengatur warna sesuai yang dia lihat, seperti pemikirannya yang gunung itu hijau (subur, banyak pohon), tanah yang coklat, batu-batu yang berwarna hitan, , rumput hijau, laut yang biru, dan matahari yang orange. Pewarnaan obyek  Ini bias dipengaruhi dimana tempat anak tinggal.

Gambar 3

Gambar : Oleh Rido Amriadi
a.       Nama :  Dandi Azmi
Umur : 16 Tahun
Sekolah : SMAN 1 Kopang

Pada tahap ini, anak sudah melewati masa realisme atau menggambar obyek sesuai yang dilihatnya yang berkisar dari usia 9- 12 tahun. Pada gambar ini anak membuat obyek sepeda motor, manusia, dan ungkapan kata dari orang pada gambar. Di gambar ini, yang ingin disampaikan anak adalah bahwa ia memiliki sepeda motor pespa yang baru dan ia sangan senang sekali,”ungkap dandi azmi saat ditanya yang di gambar”.
            Di gambar ini, saya menganalisa anak bersentuhan dengan emosi atau perasaan saat berkarya( menggambar). Ini jelas sekali karna gambar berkaitan denga yang pernah di alaminya.
Dalam segi ke kreatif-an, anak ini bias di bilang cukup kreatip karna menggambar tanpa melihat obyek melainkan menuangkan peraasaan yang dirasakan.
  
Gambar 4
Gambar : Oleh Rido Amriadi


a.       Nama : Dina Nirmala
Umur : 12 tahun
Sekolah  : SDN 5 Rarang
            Pada gambar berikutnya ini, ada beberapa obyek yang di gambarkan seperti kupu-kupu, lebah, dan bunga. Pada proses menggambar kelebihannya adalah, Nirmala sudah bias mengontrol atau mewarnai dengan baik. Ini mungkin berkaitan dengan masa sang anak yang berada pada tahap/masa realisme. Adapun kekurangan adalah anak menyontek/ melihat gambar lain untuk di gambar kembali. Dalam segi ini mungkin bias dikatakan kurang kreatif atau tidak berimajinasi sendiri. Walaupun pada proses menggambar anak melihat sekilas namun setidaknya ide di lihat dari gambar tsbt.


Sumber : Mata Kulyah Perkembangan Peserta Didik ( Drs. Jajang Suryana)
              Analisis karya oleh Rido Amriadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar