TELAAH KURIKULUM
TUGAS INDIVIDU KE-2
KURIKULUM
2006 (KTSP) SENI BUDAYA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR,KELAS
III SEMESTER 1
Pada
kurikulum 2006 (KTSP) dalam mata pelajaran seni budaya tingkat sekolah dasar
(SD) pada umumnya dalam mata pelajaran seni budaya ini terdapat empat bidang
kesenian, yaitu: seni rupa, seni musik, seni tari, dan keterampilan.
A. JENIS DAN
BENTUK KEGIATAN
1.
Seni
Rupa
·
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa
dua dimensi
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·
Mengekspresikan diri melalui gambar
imajinatif mengenai diri sendiri
·
Mengekspresikan diri melalui gambar
dekoratif dari motif hias daerah setempat.
·
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa
tiga dimensi
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
·
Mengekspresikan diri melalui gambar
imajinatif mengenai alam semesta.
·
Memberi hiasan atau warna pada benda
tiga dimensi
2.
Seni
Musik
·
Mengidentifikasi berbagai symbol nada
dalam lagu sederhana
·
Menghubungkan antara Symbol nada dengan
elemen musik
·
Menghubungkan antara Symbol nada dengan
tempo dalam lagu
·
Memainkan alat musik ritmis
·
Menyanyikan lagu wajib,lagu daerah,dan
lagu anak-anak
·
Menjelaskan symbol tempo dalam lagu
·
Menjelask-an makna ansambel
·
Menghubungkan antara symbol nada dengan
elemen musik
·
Menghubungkan symbol nada dengan tempo
dalam lagu
·
Memainkan musik dalam bentuk ansambel
dengan alat musik ritmis sederhana
·
Menyanyik-an lagu daerah dan lagu anak-
anak dengan iringan sederhana
3.
Seni
Tari
·
Menjelaskan symbol dalam seni tari
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap
pertunjukanMenyiapkan tarian pendek bertema tanpa iringan
·
Menyajikan tarian pendek bertema tanpa
iringan
·
Menghubungkan gerak, busana dan
perlengkapan dengan symbol dalam seni tari.
·
Menunjuk-kan sikap apresiatif terhadap
symbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasark-an pengamat-an
pertunjukkan
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
symbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
·
Menyiapkan penyajian tarian pendek
bertema dengan iringan
·
Menyajikan tarian pendek bertema dengan
iringan
·
Mengadakan Pementasan perpaduan
seni tari dan music
4.
Keterampilan
·
Menampilkan sifat apresiatif terhadap
benda yang digerakkan oleh angin
·
Merancang benda yang dapat digerakkan
oleh angin dari bahan kertas
·
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh
angin dari bahan kertas
·
Menampilkan sikap apresiatif terhadap
benda yang digerakkan oleh angin
·
Merancang benda yang dapat digerakkan
oleh angin dari bahan selain kertas
·
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh
angin dari bahan selain kertas
·
B. METODE
PEMBELAJARAN
1) Ceramah
Metode
Ceramah (Preaching Method) yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan
informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya
mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat dikatakan
sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi,
dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang
sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.
2) Diskusi
Metode
diskusi (Discussion method), Muhibbin Syah (2000), mendefinisikan bahwa metode
diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan
masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi
kelompok (group discussion) dan resitasi bersama (socialized recitation).
3) Latihan
Metode
latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan
kegiatan latihan agar memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi
dari apa yang dipelajari.
4) Pemberian
Tugas
Metode
ini adalah metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar
siswa melakukan kegiatan belajar.
5) Tes
Tulis
Metode
ini adalah metode di mana guru memberikan soal yang nantinya akan dikerjakan
oleh siswa guna memberikan penilaian dan menguji ingatan siswa dalam proses
belajar.
C. CARA
MELAKSANAKAN
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
|
1. Apersepsi
2. Salam
pembuka
3. Mengabsen
siswa
4. Mempersiapkan
alat-alat yang diperlukan
5. Menayangkan
film dokumenter karya seni rupa
|
Kegiatan
Inti
|
1. Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan simbol dalam karya
seni rupa dua dimensi
·
Diskusi kelas tentang simbol seni
rupa dua dimensi
|
2. Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Diskusi kelompok tentang
unsur-unsur dasar karya seni rupa
·
Guru menugaskan siswa untuk
menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
|
3. Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, siswa:
·
Bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
·
Bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
|
Kegiatan
Akhir
|
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
·
Tugas menceritakan kembali
simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi
|
Tabel 1. Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi,
memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong
peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan
dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan
labolatorium.
v Elaborasi
Dalarn
kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil
eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu,
menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang
sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi,
membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis,
menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil
belajar.
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan
peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap
kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi
guru, menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong
peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang
terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih
bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan
tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.
Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam
aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
D. INDIKATOR
UTAMA
Seni Rupa
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
• Menjelaskan
simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
• Menjelaskan
simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
• Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
|
• Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
• Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
• Mengekspresikan
diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.
• Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai alam semesta.
• Memberi
hiasan atau warna pada benda tiga dimensi
|
Memamerkan
karya seni rupa.
|
Tabel
1. Indikator utama seni rupa
Seni Musik
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
• Mengidentifikasi
berbagai symbol nada dalam lagu sederhana
• Menjelaskan
symbol tempo dalam lagu.
• Menjelask-an
makna ansambel.
• Menghubungkan
antara symbol nada dengan elemen musik.
• Menghubungkan
symbol nada dengan tempo dalam lagu
|
• Menghubungkan
antara Symbol nada dengan elemen musik
• Menghubungkan
antara Symbol nada dengan tempo dalam lagu
• Memainkan
alat musik ritmis
• Memainkan
musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana
|
• Menyanyikan
lagu wajib,lagu daerah,dan lagu anak-anak
• Menyanyik-an
lagu daerah dan lagu anak- anak dengan iringan sederhana.
|
Tabel
1. Indikator utama seni musik
Seni Tari
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
• Menjelaskan
symbol dalam seni tari
• Menjelaskan
symbol tempo dalam lagu.
• Menjelask-an
makna ansambel.
• Menghubungkan
antara symbol nada dengan elemen musik.
• Menghubungkan
symbol nada dengan tempo dalam lagu
|
• Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari
berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
• Menyiapkan
tarian pendek bertema tanpa iringan
• Memainkan
musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana
|
• Menyajikan
tarian pendek bertema tanpa iringan
• Menyanyik-an
lagu daerah dan lagu anak- anak dengan iringan sederhana.
|
Tabel
1. Indikator utama seni musik
Keterampilan
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
• Menampilkan
sifat apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
• Menampilkan
sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin.
|
• Merancang
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
• Membuat
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
• Merancang
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
|
• Memamerkan
Karya Seni
• Membuat
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas.
|
Tabel
1. Indikator utama keterampilan
E. PERSENTASE
LOKAL-NASIONAL-INTERNASIONAL
Dalam
Kurikulum KTSP, lebih banyak menekankan persentase Lokal, sekitar 85 %,
dibuktikan dengan bahan ajar dalam RPP,Buku panduan dan konsep KTSP itu sendiri
mengenai materi-materi yang di muat lebih bersifat ke daerah dan budaya lokal
atau sekitar.
Bahan
Bacaan:
Materi
Kuliah Telaah Kurikulum – Pertemuan Kedelapan, Presentasi Kelompok 2 [Neli
Syamsiyah, Ni Made Kusuma Dewi, Komang Juliawan, Komang Wirya
Adnyana, Dewa Putu Sudiarta, danKholilolloh] (19 Oktober 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar