KURIKULUM 2013
Tingkat
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Jenis
Kegiatan (Kompetensi Inti)
KI-1 : Menerima ajaran agama yang diautnya.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya.
|
Menyebutkan
ciptaan – ciptaan Tuhan : manusia, bumi, langit, tanaman dan hewan
Memberi
makanan kepada hewan : menyiram tanaman, menyayangi sesama teman
|
Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
|
Dapat
memuji teman/orang lain
Menghargai
hasil karya teman/orang lain
Menghargai
keunggulan teman/orang lain
|
KI-2 : Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin
tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi
dalam keluarga, pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
Menjaga
kebersihan diri sendiri
Membuang
sampah pada tempatnya
Memelihara
lingkungan misalnya, tidak mencoret – coret tembok
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu.
|
Berani
bertanya kepada guru, teman, dan orang lain.
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
Sabar
menunggu giliran
Mendengarkan
guru dan teman bicara
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
-
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan.
|
Datang
ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain bicara) untuk melatih kedisiplinan
|
Sabar
menunggu giliran
Mendengarkan
guru dan teman berbicara
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian.
|
Memelihara
milik sendiri
Mampu
mengerjakan tugas
Berani
mempertahankan pendapat
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika dimintai
bantuannya.
|
Meminjamkan
miliknya dengan senang hati
Menggunakan
barang orang lain dengan hati – hati
Mau
berbagi miliknya, misal : makan, mainan, dll
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama.
|
Membantu
teman, dan menunjukkan rasa empati, menyelesaikan tugas dengan kelompok
|
Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri.
|
Mengucapkan
doa – doa pendek
Mau
berpisah dengan ibu
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan tanggung jawab.
|
Menyelesaikan
tugas yang diberikan guru
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur.
|
Bersikap
jujur
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik, dan/atau
pengasuh, dan teman.
|
Menggunakan
barang orang lain dengan hati – hati
|
KI-3 : Mengenal diri, keluarga, teman, pendidik,
dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah,
tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat,
mencium, meraba, mendengar, merasa); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/mengasosiasikan; dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari.
|
Mulai mengucapkan do’a-doa pendek dan melakukan
ibadah sesuai dengan agama yang di anutnya
|
Mengenal prilaku baik, sebagai cerminan akhlak
mulia.
|
Berperilaku sopan, dan peduli melalui perkataan
dan perbuatan secara spontan, misal: mengucapkan maaf, permisi, terima kasih
|
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
untuk pengembangan motrik kasar dan motoric halus.
|
Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan
halus yang seimbang, terkontrol, dan lincah
|
Mengetahui cara hidup sehat.
|
Mulai melakukan hidup bersih dan sehat
|
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan
berprilaku kreatif.
|
Mampu memecahkan sendiri masalah sederhana yang
dihadapi dibantu oleh orang dewasa
|
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lain.
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan memasangkan benda dengan pasangannya
|
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi).
|
Menyebutkan tempat di lingungan sekitar
|
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca,
tanah, air, batu-batuan, dll).
|
Menunjuk nama dan kegunaan benda-benda alam
|
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah
tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll).
|
Mengenali bahan-bahan pembuatan teknologi
sederhana
|
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca).
|
Menceritakan kembali apa yang di dengar dengan
kosa kata yang terbatas
Melakukan perintah sederhana sesuai dengan aturan
yang di sampaikan
|
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa
secara verbal dan non verbal).
|
Menceritakan gambar yang ada di buku
Berbicara sesuai dengan kebutuhan (kapan harus
bertanya, berpenapat)
|
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain.
|
Menulis huruf-huruf yang dicontohkan dengan cara
meniru
|
Mengenal emosi diri dan orang lain.
|
Menjalin pertemanan dengan anak lain
|
Mengenal kebutuhan, keinginan, dan minat diri.
|
Meilih satu macam dari dua sampai tiga pilihan
yang tersedia (misalnya: Mainan, Makanan, Pakaian)
|
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni.
|
Menghhargai penampilan karya seni anak lain dengan
bimbingan (misal, dengan bertepuk tangan dan memuji
|
KI-4 : Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan
tuntunan orang dewasa.
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan
tuntunan orang dewasa.
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan
tuntunan orang dewasa.
|
Mulai menunjukkan sikap mau menolong orangtua,
pendidik dan teman
|
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motoric kasar dan halus
|
Menunjukkan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
menangkap bola dengan cepat
|
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenali bagian tubuh yang harus dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan,
termasuk kekerasan seksual
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
Melanjutkan kegiatan sampai selesai
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda
di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan memasangkan benda dengan pasangannya
|
Menyajikan berbagai hasil karya yang berhubungan
dengan lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak
tubuh
|
Menyebutkan dan mengetahui perlengkapan/ atribut
yang berhubungan dengan pekerjaan orang-orang yang berada disekitarnya
|
Menyajikan karya yang berhubungan dengan
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam
bentuk gambar, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya secara
sederhana yang berubungan dengan benda-benda yang ada di lingkungan alam
|
Menggunakan teknologi sederhana, untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
Mengenali cara bercocok tanam secara modern
|
Menunjukan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak
dan membaca)
|
Menceritakan kembali apa yang di dengar dengan
kosa kata yang terbatas
Melaksanakan peri tah sederhana sesuai
dengan aturan yang disampaikan
|
Menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
Menceritakan gambar yang ada pada buku
Berbicara sesuai dengan kebutuhan ( kapan harus
bertanya dan berpendapat)
|
Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam
berbagai bentuk karya
|
Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisan
dengan bahasa yang diungkapkan
Menghubungkan benda benda konkret dengan lambing
bilangan 1-10
|
Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
|
Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
|
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri
dengan cara yang tepat
|
Memilih satu dari berbagai kegiatan benda yang
disediakan
|
Menunjukan karya dan aktifitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
Menampilkan karya seni sederhana didepan anak atau
orang lain
|
2. Metode
Pembelajaran
Berpikir saintifik adalah kemampuan berpikir dalam
memahami masalah, menganalisa, mencari pemecahannya, dan menghasilkan sesuatu
yang inovatif dan kreatif.Pendekatan saintifik pada PAUD merupakan proses
pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif
membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.
3. Presentase
Lokal, Nasional dan Internasional
Dalam Kurikulum 2013, presentase Nasional lebih
banyak ditekankan. Dibuktikan dengan pembahasan Kompetensi Dasar yang bersifat
umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar