A.
Ciri-Ciri
Perkembangan
1. Sistematis
: Setiap unsur fisik dan psikis, saling memberi pengaruh, dan bahan saling
bergantung
Ciri –ciri perkembanan yang
sistematis:
·
Pisik, emosi, intelegensi maupun social,
berkembang mengikuti pola tertentu
·
Pola awal menjadi modal perkembangan
lanjuannya
·
Perkembangan bertahap, dari kepala
kekaki, dari tengah ke samping dsb
2. Progresif
: Perubahan bersipat maju , eningkat bahkan mendalam
Secara
fisik bersifat
kuantitatif
Secara
psikis kualitatif
Ciri-ciri perkembangan progresif:
·
Perubahan atau perkembangan bersifat (
Never Ending Proses) atau tidah pernah berhenti berproses, hal ini terkait
dengan pengalaman dan pengetahuan
·
Fisik dan psikis memiliki tempo yang
berlainan
3. Sinambung
: perubahan konting organisme, perkembangan berlangsung secara natural
Ciri-cirinya:
·
Dari outdor control ke innecontrol atau
dari umum ke khusus
·
Struktur mendahului fungsi, seperti saat
pertumbuhan bayi, dia memiliki kaki yang kuat terlebih dahulu baru bias
berjalan
·
Setiap pase perkembangan memiliki khas
sendiri
4. Aristoteles
: periodisasi atas gejala jasmani
§ Dari
fase 1 ke fase 2 ditandai dengan pergantian gigi
§ Fase
2 ke fase 3 ditandai dengan mulai berfungsinya kelenjar-kelenjar kelengkapan
kelamin
5. Oswald
Koch : periodisasi berdasarkan keadaan psikologi yaitu masa kegoncangan yang di
alami setiap individu.
B.
Periode
periode perkembangan anak.
1) Harvey A. Tilker dan Elizabeth B.
Hurlock : Masa
Period (Periode Pra Lahir), masa konsepsi 9 bulan 10 hari
·
Periode Telur / Zigot > sampai akhir
minggu ke-2
·
Periode Embrio > Akhir minggu
ke-2 sampai akhir bulan ke-2
·
Periode Janin / Fetus > dari akhir
bulan ke-2 sampai masa lahir
2) New Born : Periode
bayi baru Lahir
·
Sejak bayi Lahir > Usia 10-15 hari
sampai masa krisis
·
Masa Plateau Stage > Masa
pemberhentian Pertumbuhan
3) Baby Hood : Dari masa 2 minggu
sampai 2 tahun
·
Pada masa ini termasuk periode kritis,
periode pembentukan segala pengaruh
dasar kepribadian
4) Early Childhood
: Masa kanak-kanak Awal
·
Masa ini dimana masa anak-anak
mempersiapkan diri hidup di lingkungan social , sekitar diamasa kelas1 SD
5) Later Childhood
: Masa Kanak-kanak akhir
·
Pada masa ini anak berusia sekitar 6-12
tahun, di masa ini juga anak-anak siap menerima tuntutan orang di lur dirinya
6) Puberty :
Masa/ periode puber
·
Periode ini merupakan periode tumpang
tindih antara masa kanak-kanak akhir dengan masa anak remaja. Di masa ini umur
berkisar ( 10 – 12 tahun sampai 15-16 tahun)
·
Diperiode ini ditandai dengan perubahan
tubuh (Propersi tubuh, kondisi tubuh), pertumbuhan ciri-ciri seks awal (jenis
kelamin awal) dan
Sekunder
7) Early Adulthood
: Masa dewasa awal dari usia (21 -40
tahun)
8) Midle Adulthood (
Masa dewasa Madya) dari usia ( 40- 60 tahun)
9) Later Adulthood : Masa
usia lanjut , dari usia 60 tahun ke atas.
Secara
umum, ciri-ciri perkembangan dapat dirincikan yaitu sebagai berikut ini.
- Terjadinya perubahan dalam aspek fisik (perubahan berat badan dan organ-organ tubuh) dan aspek psikis (matangnya kemampuan berpikir, mengingat, dan berkreasi).
- Terjadinya perubahan dalam proporsi; aspek fisik (proporsi tubuh anak beubah sesuai dengan fase perkembangannya) dan aspek psikis (perubahan imajinasi dari fantasi ke realitas).
- Lenyapnya tanda-tanda yang lam; tanda-tanda fisik (lenyapnya kelenjar thymus (kelenjar anak-anak) seiring bertambahnya usia) aspek psikis (lenyapnya gerak-gerik kanak-kanak dan perilaku impulsif).
- Diperolehnya tanda-tanda yang baru; tanda-tanda fisik (pergantian gigi dan karakter seks pada usia remaja) tanda-tanda psikis (berkembangnya rasa ingin tahu tentang pengetahuan, moral, interaksi dengan lawan jenis).
Sumber : Mata Kuliah Perkembangan Peserta didik ( Drs. Jajang Suryana )
http://hasan2u.blogspot.co.id/2011/03/perkembangan-dan-ciri-ciri-perkembangan.html, Diakses pada 16 september 2015, pukul 14.17 wita
ket: Tugas 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar