Perkembangan mengacu pada bagaimana
seorang tumbuh, beradaptasi, dan berubah disepanjang perjalanan hidupnya. Orang
tumbuh, beradaptasi, dan berubah melalui perkembangan fisik, perkembangan
kepribadian, perkembangan sosioemosional (sosial dan emosi), perkembangan
kognitif (berpikir), dan perkembangan manusia menurut teori Piaget (kognitif
dan moral) serta teori perkembangan kognitif menurut Lev Vygotsky. Setidaknya
ada lima faktor yang dapat memengaruhi kinerja peserta didik kita, yaitu
lingkungan keluarga, atmosfer persekawanan, sumber daya sekolah, kecerdasan
yang berasal dari dalam diri sendiri, dan aksesibilitas pencapaian informasi.
Peserta didik adalah makhluk yang
berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya
masing-masing, mereka memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju
kearah titik optimal kemampuan fitrahnya
Sumber :
Mata kulyah pengembangan peserta didik (Drs. Jajang Suryana)
ket : Tugas /Pertemuan I, Perkembangan peserta didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar