Pengertain Kurikulum
Secara etimologis, kurikulum berasal dari kata dalam Bahasa
Latin curir yaitu pelari, dan curere yang artinya tempat berlari. Pada awalnya
kurikulum adalah suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari mulai dari garis
start sampai dengan finish. Kemudian pengertian kurikulum tersebut digunakan
dalam dunia pendidikan, dengan pengertian sebagai rencana dan pengaturan
tentang sejumlah mata pelajaran yang harus dipelajari peserta didik dalam
menempuh pendidikan di lembaga pendidikan.
Dalam Dictionary of Education dikatakan bahwa curriculum is
a general overall plan of the content or specific studies of that the school
should offer the student by way qualifying him for graduation or certification
or for entrance into a professional or a vocational field.
Pengertian kurikulum dalam Pasal 1 butir 19 UU Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Dalam buku teks pertama In The Curriculum, John Franklin
Bobbitt (1918) menyatakan bahwa, “Curriculum as an idea, has its roots in the
Latin word for race-course, explaining the curriculum as the course of deeds
and experiences through which children become the adults they should be, for
success in adult society” (kurikulum, sebagai suatu gagasan, telah memiliki
akar kata Bahasa Latin Race-Source, menjelaskan kurikulum sebagai “mata
pelajaran perbuatan” dan pengalaman yang dialami anak-anak sampai menjadi
dewasa, agar kelak sukses dalam masyarakat orang dewasa).
Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus sebagai
pedoman dalam pelaksanaan pendidikan. Kurikulum mencerminkan falsafah hidup
bangsa, ke arah mana dan bagaimana bentuk kehidupan itu kelak akan ditentukan
oleh kurikulum yang digunakan oleh bangsa tersebut sekarang.
Dalam UU No 2 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, kurikulum merupakan seperrangkat rencana, tujuan
atau pedoman yang digunakan dalam proses pembelajaran yang berisi tentang
kumpulan-kumpulan materi-materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Radicks. 2012. Karakteristik
, Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Dari Tahun 1968 Sampai Tahun 2006.
http://gemaazzahra.blogspot.co.id/2014/10/evaluasi-kurikulum-kurikulumsebagai.html (
diakses pada 11 september 2015. pukul 09.17 wita )
ket: tugas pertemuan I
ket: tugas pertemuan I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar